About the Site

Inovasi Kimia dan Pembelajarannya Era Industri 4.0

Kimia dan inovasinya terkait dengan bidang ilmu lain dalam perannya sebagai penghasil produk kimia melalui pemrosesan sumber daya alam pada suatu proses industri. Peran serta dalam peningkatan nilai tambah potensi sumber daya alam oleh SDM industri yang kompeten melalui peningkatan pengetahuan terhadap ilmu kimia dan teknologi serta peningkatan keterampilan terhadap pembelajaran kimia inovatif era industri 4.0 dilakukan oleh Jurusan Kimia UM melalui kegiatan Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2019.

Pada kegiatan SNKP 2019 ini makalah yang ditampilkan bertemakan kimia dan pembelajarannya serta bidang lain terkait yang merupakan hasil penelitian, aplikasi teori, gagasan konseptual, atau hasil telaah. Makalah terpilih akan dimuat dalam prosiding SNKP 2019 ber-ISBN, Jurnal Cis-Trans (JCT) akreditasi SINTA, dan Jurnal Pendidikan Kimia (J-PEK) akreditasi SINTA.

Para pembicara utama pada SNKP 2019 ini adalah:

WAKTU PELAKSANAAN: Minggu, 3 November 2019

TEMPAT PELAKSANAAN: Aula FMIPA Gedung O1 Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang 65145

Partisipan yang diharapkan hadir:

± 300 peserta yang datang dari berbagai institusi, antara lain:

  • Peneliti di bidang kimia dan bidang ilmu lainnya yang terkait
  • Pihak akademisi dari perguruan tinggi, sekolah lanjutan, dan lembaga pelatihan
  • Mahasiswa
  • Profesional, konsultan, dan praktisi industri
  • Pemangku kepentingan terkait
  • Pemerhati riset maupun pendidikan

TANGGAL PENTING

Pengiriman abstrak terakhir            : 4 Oktober 2019

Pengumuman abstrak yang diterima : 11 Oktober 2019

Pengiriman makalah terakhir           : 25 Oktober 2019

BIAYA PENDAFTARAN

Kategori Peserta

Biaya (Rupiah)

Pemateri umum/dosen/praktisi

300.000

Pemakalah guru/mahasiswa

200.000

Peserta     

125.000

Kesekretariatan

Jurusan Kimia

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang 65145

E-mail:chemistryconference@um.ac.id

TATA CARA PENDAFTARAN

A. Pemakalah

1. Abstrak (50-180 kata) ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa      Inggris, TNR 10 pt, spasi 1, kata-kata kunci (3-5 kata). Abstrak berisi latar belakang, tujuan, bahasan utama, dan kesimpulan. Bahasan utama dituliskan secara ringkas.

2.  Pada bagian akhir abstrak dicantumkan no. HP pemakalah.

3.  Abstrak diunggah ke http://chemistryconference.um.ac.id.

4.  Bagi pemakalah dengan abstrak diterima, makalah ditulis sesuai templat makalah pada Information for Authors.

5.  Pada bagian paling akhir dari makalah atau artikel dicantumkan keterangan apakah € makalah atau artikel diprosidingkan, € Jurnal Pembelajaran Kimia (JPEK), € CIS-TRANS Jurnal Kimia dan Terapannya, atau € tidak diprosidingkan (dipilih salah satu).

6.  Makalah atau artikel diunggah ke http://chemistryconference.um.ac.id.

7.  Uang pendaftaran ditransfer ke rekening BNIa.n. Rini Retnosari No.0711157943.

8.  Bukti transfer uang pendaftaran diunggah sebagai Supplementary Files.

B. Peserta non pemakalah

Keterangan peserta (nama peserta, instansi, alamat, no. HP, email) dan bukti transfer uang pendaftaran dikirimkan ke panitia SNKP 2019 melalui

email  : chemistryconference@um.ac.id;

WA   : 081 555 614343 (Adilah); 081 805 730003 (Margaretha);

atau menemui panitia di Gedung O2 Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang (dipilih salah satu).

“Bukti transfer dibawa untuk registrasi peserta di hari H”

PETUNJUK PENULISAN

1. Artikel ditulis dengan huruf TNR 12 pt, spasi multiple 1,15, A4, margin LTRB  2,54 cm. Kalimat pertama tiap paragraf masuk 1,2 cm dari batas kiri.

2. Sistematika artikel penelitian: (a) judul, (b) nama penulis, (c) afiliasi penulis, (d) email dari penulis korespondensi, (e) abstrak dan kata kunci, (f) abstrack dan key words, (g) pendahuluan, (h) metoda, (i) hasil, (j) simpulan dan saran, dan (k) daftar rujukan.

3. Daftar rujukan ditulis dengan huruf  TNR 12 pt, spasi 1, diurutkan berdasarkan abjad.

Anderson, D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4):57—61.

Makmara, T. 2009. Tuturan Persuasif  Wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian Etnografi Komunikasi. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Malang: Angkasa.

Widiati, U. 2008. PembelajaranMembaca-Menulis melalui Buddy Journals untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris. Jurnal Bahasa dan Seni. (Online), Tahun 36, Nomor 2, Agustus 2008 (http://sastra.um.ac.id, diakses 3 Februari 2010).

 

Conferences

About this Conference System